20 Januari 2015

SENARAI 4 LAUTAN PALING DALAM DI DUNIA

4 LAUTAN TERDALAM DI DUNIA

1. Palung Mariana USA
Terletak di dasar Lautan Pasifik, ada tempat bernama Mariana Trench atau Jurang Mariana. Kedalamannya mencapai 10.924 meter! Sekarang anda tinggal membayangkan jurang laut yang lebih tinggi dari Gunung Himalaya yang hanya 8.848 mdpl.

Dari laman web rasmi US Fish & Wildlife Service, Jurang Mariana berada di dekat Kepulauan Mariana. Walaupun sudah dekat dengan Jepun, kawasan ini masuk dalam wilayah AS bersama dengan Pulau Guam. Pulau Mariana menjadi semacam taman nasional dengan kunjungan pelancong paling banyak dari Jepun.

2. Palung Puerto Rico Puerto Rico
Sekarang kita bergeser ke Samudera Atlantik, di sana ada Palung Puerto Rico. Berapa kedalamannya? 9.219 meter. Pegunungan Himalaya masih kalah tinggi dibandingkan jurang laut yang satu ini. Palung Puerto Rico menjadi batas Laut Karibia dan Samudera Atlantik. Tidak perlu iseng menjajal kedalaman Palung Puerto Rico, nikmati saja pulau, pantai dan aneka pemandangan indah di permukaan lautnya.

3. Palung Jawa Indonesia
Lautan dalam yang satu ini ada di negeri sendiri. Palung Jawa menjadi titik terdalam di Samudera Hindia dengan kedalaman 7.455 meter. Palung ini letaknya memanjang dari pesisir timur Sumatera sampai pesisir selatan Jawa. Titik terdalamnya ada di 320 km lepas pantai selatan Yogyakarta. Karakter palung ini turut menjadi faktor di balik keindahan pantai, karang, dan ombak dari Yogyakarta sampai Gunungkidul yang mempesona wisatawan.
4. Southern Ocean Antartika
Southern Ocean lebih dikenal dengan nama Samudera Antartika. Ini adalah lautan paling selatan dari Planet Bumi. Di lautan ini ada titik terdalam yang mencapai 7.236 meter hanya berselisih 219 meter saja dengan Palung Jawa. Southern Ocean ini berdekatan dengan beberapa negara di Bumi Selatan macam Australia, Selandia Baru, Chili dan Argentina. Lautan di sini tentu saja dingin dengan suhu rata-rata 2 sampai 10 darjat Celcius saja. Tapi sampai saat ini, masih ada beberapa perusahaan kapal pesiar yang akan mengantar Anda ke sana.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan